AL-FATIHAH 1 Trik Kiat Adab Tatacara Berdoa kepada Allah

QS 1 Al Fatihah 1-7


Allah mengajarkan tata cara berdoa agar menusia dapat memohon dan berdoa kepada Nya dengan cara yang benar dan efektif. Berikut kita simak Trik Kiat Adab Tatacara Berdoa kepada Allah yang tertulis dalam Al Quran surat Al Fatihah 1-7

Al Fatihah (Translated)


1. Bismi Llahi r Rahmaani Rahiim 
Dengan-nama Allah yg-maha Rahmaan yg-maha Rahiim
2. Al khamdu li Llahi Rabbi 'Aalamiin 
Seluruh pujian hanya-untuk Allah Rabb-nya seluruh Alam Semesta
3. Ar Rahmaani r Rahiim  
Yg-maha Rahmaan yg-maha Rahiim
Maaliki yaumi d diin
Yang-Menguasai yaumi d diin)
5. Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'iin
hanya-padaMu kami-ibadah dan hanya-padaMu kami-minta tolong

6. Ihdina s shirotho l mustaqiim
(Tunjuki-kami jalan yang mustaqiiim)
7. Shiroto l ladziina an'amta 'alaihim, ghoiri l maghdluubi alaihim wa lad dhool liin
yaitu-jalannya orang2 yang telah-Kauberi-ni'mat atas-mereka, bukan yang kemukaanMu atas-mereka bukan-pula mereka-yang sesat

       Kita lihat ayat 1-5 merupakan pernyataan Allah yang ketika diulang oleh manusia, menjadi pujian kepada Allah. Kemudian ayat 6-7 merupakan redaksional sebuah permohonan yang diajarkan Allah kepada manusia ketika manusia memohon kebaikan kepada Allah.
         Secara fitrah kita memahami jika harus ada adab, cara, kiat, trik, dalam meminta sesuatu, maka yang terbaik adalah dengan menempatkan orang yang dimintai pertolongan itu pada tempat yang terhormat, mulia dan penuh pujian. Pujian kepada Allah kita ucapkan lebih dahulu sebelum kita menyampaikan permohonan kita, begitu kira kira yang diajarkan Allah kepada kita dalam surat al Fatihah ini. Pada titik tertentu pujian pada Allah ini merupakan pernyataan keyakinan kita bahwa Allah benar benar merupakan Zat yang memiliki segalanya (memiliki kasih sayang sekaligus kekuasaan mutlak) untuk bisa mengabulkan apa yang akan kita minta.
       Setelah memuji dan menegaskan "kehebatan" Allah, barulah kita menyampaikan apa yang ingin kita minta dariNya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar